AIDS

AIDS adalah singkatan dari Acquired Immuno Deficiency Syndrome, yaitu suatu sekumpulan gejala penyakit yang mengganas akibat daya tahan rusak atau lumpuhnya tubuh manusia, yang disebabkan oleh infeksi virus yang disebut HIV (Human Immunodeficiency Virus), yang merusak sistem kekebalan tubuh manusia.

SEBAB

Secara normal, sistem kekebalan tubuh melindungi tubuh terhadap penyakit, bila dirusak oleh HIV maka serangan penyakit yang tidak berbahaya dapat menjadi bahaya dan bahkan mematikan. Penderita AIDS yang meninggal, bukan semata-mata disebabkan oleh virus AIDS, tetapi oleh penyakit lain yang sebenarnya bisa dicegah seandainya daya tahan tubuh penderita tidak dirusak oleh virus AIDS. AIDS merupakan penyakit menular yang dengan cepat menyebar ke seluruh dunia (pandemi) dan terutama menular lewat hubungan seksual (homoseksual, biseksual, heteroseksual. Penyakit ini mematikan, karena belum ditemukan obat penyembuhnya ataupun vaksin pencegahannya. Orang yang terinfeksi virus AIDS tidak segera menderita AIDS, membutuhkan waktu berbulan-bulan atau bertahun-tahun dan ia akan menjadi pembawa atau penular virus AIDS selama hidupnya.

TANDA – TANDA

  1. Rasa lelah berkepanjangan

  2. Sering demam disertai keringat malam tanpa sebab yang jelas

  3. Berat badan menurun secara menyolok

  4. Sesak nafas dan batuk berkepanjangan

  5. Bercak merah kebiruan pada kulit (kanker kaposi)

  6. Diare lebih dari 1 bulan tanpa sebab yang jelas

  7. Pembesaran kelenjar getah bening (di leher, ketiak, lipatan paha) tanpa sebab yang jelas

  8. Bercak putih atau luka di mulut

  9. dan sebagainya

PERAWATAN

AIDS tidak menular karena : berjabatan tangan; makanan dan minuman; berciuman pipi; gigitan serangga atau nyamuk; hidup serumah dengan penderita AIDS (asal tidak melakukan hubungan seksual); bersama-sama berenang di kolam renang; penderita AIDS bersin atau batuk di depan kita; menggunakan WC/kamar mandi yang sama; bersentuhan biasa dengan penderita. HIV atau virus AIDS terdapat pada semua cairan tubuh penderita, tetapi yang terbukti berperan dalam penularan AIDS yang sangat efektif adalah air mani, cairan vagina, dan darah. Penularan AIDS terutama terjadi melalui : tranfusi darah yang tercemar HIV; jarum suntikan atau alat tusuk lainnya (akupuntur, tato, alat cukur) yang bekas dipakai oleh orang yang mengidap HIV; hubungan seksual (homo maupun heteroseksual) dengan seseorang yang mengidap HIV; ibu hamil yang terinfeksi HIV dapat menularkan virus tersebut kepada janin atau bayinya (perinatal).

PENCEGAHAN

Cara mencegahnya yang paling baik adalah menghindari hubungan seksual di luar ikatan pernikahan atau zinah. Bila sulit dihindari, lakukanlah dengan pemakaian kondom yang benar.

~ oleh sakitsebabdanobatnya pada 20 Mei 2009.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: