ANYANG ANYANGEN

Banyak anggapan bahwa anyang anyangan merupakan gangguan biasa. Bisa jadi ini merupakan tanda gangguan batu ginjal. Apalagi jika kejadiannya berulang2 dan dalam jangka waktu lama atau lebih dari seminggu, karena yg kita ketahui umumnya gejala penyakit batu ginjal adalah munculnya rasa pegal pada pinggang belakang bagian atas Pada taraf tertentu sakit yang ditimbulkan berupa nyeri menusuk-nusuk, menjalar ke arah samping mengikuti alur saluran kemih, buang air kecil tidak lancar, tetapi berkali-kali ke belakang, yang dikeluarkan hanya sedikit.

Air seni sering berwarna kemerahan,ini dikarenakan dinding saluran kemih tergores atau terluka oleh serpihan batu. Kadang terasa nyeri saat buang air. Pada saat bersamaan, dalam air seni terdapat serpihan pasir atau batu kecil.

Anyang-anyangan biasanya dimulai dengan rasa tidak enak di perut bawah, kencing lebih sering tetapi sedikit-sedikit. Tak jarang saat kencing sedemikian nyeri. Mungkin ada demam, mual, dan tidak enak badan, tak ubahnya orang sedang kurang enak badan.

Anyang-anyangan memang lebih sering menyerang wanita dibanding pria. Umumnya memang muncul beberapa hari sehabis melakukan hubungan seks yang tidak bersih. Meski begitu, pada pria juga tidak menutup kemungkinan atas risiko yang sama.

Munculnya anyang-anyangan tidak semata karena faktor kebersihan, melainkan kemungkinan ada kristal batu kemih yang sudah lama mengendap tanpa disadari. Batu kemih yang mungkin bersarang di kandung kemih atau di saluran bagian dalam ginjal bisa berbentuk kristal mengalir bersama aliran urin. Saat kristal batu terbawa urin melewati saluran kemih bagian bawah yang penampangnya kecil itu, timbul rasa nyeri, panas, dan seperti disilet. Keluhan itulah yang oleh banyak orang disebut anyang-anyangan. Selama batunya masih kecil dan belum menyumbat saluran kemih, biasanya belum timbul keluhan. Hal ini bisa diketahui dengan pemeriksaan lebih lanjut. Jika benar ada batu kemih, dengan membuang batunya, keluhan anyang-anyangan biasanya akan langsung sirna.

Meski begitu, tak perlu terlalu khawatir karena semua batu kemih bisa disembuhkan jika masih kecil dan jenisnya tergolong bukan batu keras. Untuk kondisi ini, dapat diatasi dengan minum obat-obat penghancur batu.

Jika dengan minum obat batu ogah keluar, pilihannya harus dioperasi atau ditembak dengan gelombang kejut (USWL), tanpa perlu pembedahan.

Kalau ciri – ciri diatas belum terjadi u pencegahaannya :
* Atur pola makan yg sehat
* Minum air putih yg banyak

~ oleh sakitsebabdanobatnya pada 21 Mei 2009.

Satu Tanggapan to “ANYANG ANYANGEN”

  1. matur nuwun infonya, bgm mengobatinya ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: