BINDENG

PERTANYAAN:

Saya sudah hampir 2 bulan Batuk tidak sembuh2..dan saya sudah konsultasi dengan dokter Ahli Parum dan dia memberikan kesimpulan bahwa saya kena Bronchitis Ashmatis, dan saya diberikan obat batuk, hingga sekarang batuk saya sudah membaik tetapi saya sekarang sakit Flu atau Pilek dan mengakibatkan Kuping saya Bindeng, saya kira hanya sesaat aja Bindengnya ternyata sampai sekarang Kuping saya tetep Bindeng. Dan Dahak/ Slem selalu saya keluarkan setiap hari..tidak habis2 saya buang.

Dokter saya minta sarannya, apakah saya harus berobat ke Dokter Ahli Paru ato THT..saya sudah capek dengan penyakit saya yang tidak sembuh2 dan menggangu aktivitas kerja saya. Apakah saya juga harus melakukan general check up untuk mengetahui apa sebenarnya penyakit saya.

JAWABAN:

Masalah kesehatan yang Anda alami memang sangat mengganggu apalagi dengan adanya bindeng dan dahak yang tiada hentinya. Dalam menghadapi masalah yang Anda alami memang kami duga prinsip dasarnya adalah adanya alergi yang Anda miliki. Reaksi alergi ini terkadang menyebabkan adanya gangguan aliran udara pada tuba eustachius (saluran yang menghubungkan telinga tengah dan tenggorok) dan dahak serta batuk yang Anda alami. Sebenarnya pilihan Anda untuk pergi berobat ke spesialis paru sudah benar, mungkin saja obat yang diberikan kurang cocok bagi Anda. Cobalah kembali kepadanya atau mencari spesialis paru yang lain. Namun saran kami selain dari obat-obat yang Anda peroleh usahakan juga untuk menghindari faktor pencetus Alergi tersebut. Alergi memiliki area penyebab yang sangat luas, dari yang bersifat psikis sampai yang bersifat iklim (seperti dingin). Cobalah perhatikan tempat kerja Anda, apakah banyak asap rokok? apakah berdebu? apakah Aca terlalu dingin? apakah suasana kerja Anda menyenangkan? demikian seterusnya, cobalah selidiki hal-hal apa saja yang Anda pikir mungkin mencetuskan alergi yang Anda alami. Dengan menghindari faktor-faktor tersebut kami harap alergi tsb dapat teratasi. Demikianlah jawaban kami semoga dapat membantu Anda.

~ oleh sakitsebabdanobatnya pada 21 Mei 2009.

Tinggalkan Balasan

 
