DEG DEGAN

Tidak mengkhawatirkan sesuatu, tidak merasa takut, cemas, gelisah, tegang, namun jantung tetap degdegan atau berdebar-debar. Apakah degdegan ini merupakan hal yang wajar terjadi pada setiap orang.
Degdegan dapat merupakan suatu proses fisiologis yang normal. Namun, bisa juga terjadi akibat suatu yang patologis bila ada gangguan pada kerja jantung secara langsung. Gangguan di organ tubuh lain pun dapat mengganggu kerja jantung.

Secara tidak sadar, aktivitas jantung dikontrol oleh sistem saraf otonom. Tanpa disadari otot-otot jantung terus bekerja sesuai dengan fungsinya. Ada kalanya aktivitas jantung dapat disadari dan dirasakan.
Secara normal, aktivitas jantung dapat disadari dan dirasakan ketika selesai berolahraga atau bekerja berat. Aktivitas jantung memang akan meningkat. Demikian juga pada sebagian wanita hamil dan wanita menjelang menopause. Pada orang yang mempunyai kesadaran tinggi tentang kondisi tubuhnya, misal dalam keadaan cemas, aktivitas jantung ini biasanya juga dapat dirasakan.

Kondisi lain yang dapat menyebabkan palpitasi –istilah yang digunakan dalam dunia kedokteran ketika seseorang merasakan aktivitas jantungnya berdebar, antara lain adanya gangguan pembuluh darah jantung, gangguan pada jantung, atau gangguan hormon terutama hormon tiroid.
Penyebab yang paling sering adalah adanya gangguan irama pada jantung (aritmia). Palpitasi yang disebabkan aritmia mungkin disertai dengan kelemahan, sesak napas, atau sakit kepala.
Bila jantung berdebar diikuti dengan adanya keluhan nyeri dada atau rasa tidak nyaman di dada mengindikasikan adanya penyakit jantung koroner. Dengan pemeriksaan yang teliti pada frekuensi dan irama jantung dapat membedakan apakah gangguan ini normal atau patologis.

Jika mengalami berbagai keluhan ini sebaiknya segera menemui dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk menemukan keluhan dan tanda-tanda lain yang mengarahkan pada diagnosa yang tepat. Sebaiknya dilakukan pemeriksaan EKG (rekam jantung) dan fungsi hormon tiroid.

~ oleh sakitsebabdanobatnya pada 21 Mei 2009.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: