DEMAM TIPUS

TIPUS merupakan penyakit akut yang ditandai dengan adanya demam oleh karena infeksi bakteri salmonella typhi. Bakteri tersebut terdapat pada air atau makanan yang terkontaminasi oleh manusia pembawa bakteri tersebut. Bakteri tersebut menyebar pada manusia sekitarnya.

SEBAB
Penyakit ini ditularkan melalui konsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi bakteri tersebut. Manusia dalam keadaan terinfeksi bakteri ini dapat menularkan melalui feses yang mengandung bakteri dengan konsentrasi yang tinggi. Jika feses tersebut mengenai sumber air maka manusia yang mengkonsumsi air tersebut akan terinfeksi. S. typhi mampu bertahan dalam selokan yang kering atau dalam air selama berminggu-minggu. Penting dipahami bahwa justru manusia pembawa bakteri yang tidak memiliki gejala terkadang menjadi sumber penularan penyakit ini dan menjadi sumber pandemi.

TANDA TANDA
Masa inkubasi berlangsung 1-2 minggu dan masa sakit biasanya antara 4-6 minggu. Pada masa sakit penderita akan mengalami : penurunan nafsu makan, sakit kepala, sakit menyeluruh, demam, dan gangguan kesadaran. Demam akibat penyakit ini dapat mencapai 39-40 derajat celcius.

PERAWATAN
Pemberian makanan yang lunak
Obat penurun panas
Konsultasi dengan dokter terdekat.

~ oleh sakitsebabdanobatnya pada 21 Mei 2009.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: