GONDONGAN

GONDONGAN Parotitis epidemika merupakan penyakit yang sering menyerang anak-anak. Penyakit ini disebabkan oleh virus dan terutama dirasakan pada kelenjar parotis di pipi didekat telinga. Virus ini ditularkan melalui kontak langsung dengan manusia yang terinfeksi dengan bersin atau batuk. Manusia merupakan satu-satunya hospes bagi virus tersebut. Penyakit ini semakin berat jika diderita pada orang dewasa.

SEBAB
Parotitis epidemika merupakan penyakit yang sering menyerang anak-anak. Penyakit ini disebabkan oleh virus dan terutama dirasakan pada kelenjar parotis di pipi didekat telinga. Virus ini ditularkan melalui kontak langsung dengan manusia yang terinfeksi dengan bersin atau batuk. Manusia merupakan satu-satunya hospes bagi virus tersebut. Penyakit ini semakin berat jika diderita pada orang dewasa. Pemberian imunisasi terbukti efektif dalam menurunkan angka kesakitan. Masa paling menular adalah 1-2 hari sebelum dan 5 hari setelah timbul pembengkakan kelenjar parotis.

TANDA – TANDA
Pada awalnya, penderita akan mengalami demam, kurang nafsu makan, nyeri kepala. Demam dapat bertahan sampai 3-4hari. Pembengkakan kelenjar didepan telinga biasanya diawali dengan salah satu sisi baru akhirnya keduanya membengkak. Pembengkakan kelenjar parotis dapat bertahan selama 7-10 hari. Selain gejala ini, terkadang dapat pula ditemukan adanya nyeri pada buah zakar, nyeri perut, kejang, leher kaku dan kesulitan menelan. Radang pada buah zakar merupakan komplikasi penyakit yang paling ditakuti.

PERAWATAN
Perawatan penderita terutama untuk meringankan nyeri dan keluhan. Penderita disarankan banyak minum air dan makan seperti biasa. Pemberian anti nyeri boleh diberikan. Anak-anak biasanya akan mengalami bengkak selama 1 minggu, jadi disarankan untuk tidak masuk sekolah selama kurang lebih 9 hari.

~ oleh sakitsebabdanobatnya pada 21 Mei 2009.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: