HERPES

HERPES Merupakan penyakit kulit dimana terjadi kumpulan lepuhan dikulit wajah. Keadaan ini bisa juga terjadi di daerah alat kelamin luar (genital herpes) disebabkan oleh vorus serupa, dan bisa ditularkan melalui hubungan seksual.

SEBAB

  • Infeksi kulit oleh virus tipe I. Pada sebagian penderita tidak bisa sembuh.
  • Kandang-kadang oleh infeksi virus tipe II yang biasanya menyebabkan herpes genital.

TANDA – TANDA

  • Lepuhan kecil di sekitar hidung dan mulut dan bagian lain muka
  • Nyeri, rasa kesemutan, panas
  • Gatal.

PERAWATAN

  • Tunggu sampai lepuhan mengering dan sembuh sendiri
  • Oleskan vaselin untuk mengurangi rasa gatal
  • Periksa dokter bila lepuhan muncul di dekat mata.

PENCEGAHAN

  • Hindari kontak langsung hubungan badan dengan orang yang menderita herpes genital
  • Jangan saling pinjam saputangan/handuk.
PUTRI MALU TERNYATA MUSUH BEBUYUTAN HERPES.
sebagian besar di antara kita pasti mengenal tanaman putri malu. ini karena di banding tanaman lain. putri malu sangatlah mudah di tumukan.di samping itu,putri malu juga mudah di kenali karena ciri khasnya yg sangat unik.
perhatikan saja sifat daunnya. daun putri malu langsung menguncup begitu kita sentuh. dan karena sifat itulah,dia tidak hanya di kenal dengan nama putri malu, tapi juga si kejut atau sensitive plant.
sayang sekali, tanaman itu belum banyak menarik perhatian masyarakat,untuk memanfaatkan khasiatnya bagi kesehatan.padahal, khasiatnya cukup banyak.seperti untuk obat anti infeksi saluran pernapasan,herpes,infeksi kulit,diare,asma,pembengkakan karena luka bahkan insomania.
ketidakpedulian orang akan putri malu, mungkin di sebabkan karena sampai sekarang,tanaman ini tumbuh liar.dan memang, penggunaannya kurang populer.padahal,karena tumbuh di sembarang tempat itulah tanaman itu berarti memenuhi persyaratan untuk di teliti lebih intensif
selama ini, penggunaan putri malu sebagai obat tradisional memang hanya berdasarkan pengalaman yg di wariskan secara turun menurun. sehingga perlu di lakukan uji khasiat dan uji keamanan,untuk memberikan dukungan ilmiah pada pemakaiannya.
kalu memang terbukti berkasiat, maka penemuan ini sangat bermanfaat, mengingat sampai sampai saat ini frekuensi di INDONESIA masih tinggi,termasuk yang di sebabkan oleh virus.
KHASIAT PUTRI MALU
putri malu yg bernama latin MIMOSA PUDICA.konon di percaya berasal dari benua amerika yg beriklim tropis.
perkembang biakanya sangat cepat. biasanya putri malu tumbuh merambat atau kadang berbentuk semak( tegak). batang nya bulat,berbulu dan berduri.daunnya kecil-kecil,berbentuk lancip.bunganya bertangkai dan berbentuk bulat seperti bola,sertaberwarna merah muda.
yang menyenangkan,seluruh bagian tanaman itu dapat di pakai sebagai obat.yakni dari akar,batang daun hingga keseluruhan bagian tanaman,baik dlm segar atau pun sudah di keringkan.
akar putri malu, mengandung senyawa tanin 10%. di filipina,akarnya sering di pakai sebagai diuretik, yaitu di rebus dan di minum untuk memperlancar pengeluaran air seni.di samping itu, juga untuk pengobatan desentri dan rasa sakit waktu haid.
selain itu, ada informasi yg menyebutkan,bahwa akarnya bisa digunakan sebagai aprodisiak,yaitu pembangikit gairah seks pada manusia.
sedang daunya bisa di gunakan untuk mengobati luka,atau bengkak karena luka. caranya dengan melumatkannya,dan memberikan air hingga berbentuk pasta. kemudian oleskan pada luka atau bengkak.
air rebusan daunnya juga dapat diminum sebagai tonikum ( minuman energi). hanya saja saat ini belum ada penelitian khusus mengenai dosis pemakaian untuk di pakai dgn cara di minum. tetapi khusus untuk insomnia, dapat dicoba menggunakan 30 grm serbuk kering tanaman,yg di rebus dgn air secukupnya.
namun yg perlu di perhatikan, wanita hamil tidak di sarankan minum rebusan ini.
ada sebuah penelitian yg telah berhasil mengisolasi dan mengidentifikasi senyawa yg terkandung dlm putri malu, yaitu senyawa FLAVONOID golongan FLAVON DAN FLAVANOL, dalam ekstrak METHANOL daun.
seperti di ketahui, FLAVANOID adalah golongan senyawa yg di ketahui mempunyai berbagai khasiat, seperti anti radang, memperlancar pengeluaran air seni, anti virus,anti jamur,anti bakteri, antihipertensi, mampu menjaga dan meningkatkan kerja pembuluh darah kapiler.
sebagai senyawa golongan FENOL alam yg terbasar , khasiat FLAVONOID dalam membunuh kuman, sudah di pelajari. melalui penelitian uji khasiat anti kuman, terbukti bahwa rebusan seluruh bagian tanaman PUTRI MALU (kecuali akarnya) bisa menghambat pertumbuhan kuman- kuman tertentu.

~ oleh sakitsebabdanobatnya pada 21 Mei 2009.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: