BOTAK

Paling sering terjadi kasus botak lelaki (male pattern baldness). Penyebabnya warisan genetik. Rambut di bagian sayap kiri dan kanan dahi berangsur-angsur tandus. Dahi bertambah lapang, bikin kutu kepala nyaris kepeleset. Orang bilang dahi botak tampang profesor. Banyak berpikir orang anggap bikin otak mendidih dan rambut jadi rontok. Secara medis, yang ini pasti bohongnya.

Kebotakan genetik bisa ganas jika dimulai selagi muda. Kebotakan cepat meluas menjadi gundul betulan. Tak begitu halnya dengan botak feminin (female pattern alopecia).

Kebotakan wanita umumnya berupa penipisan rambut di bagian depan dan pinggir kepala. Wanita hampir tak pernah jadi plontos (alopecia universalis), kecuali mungkin kalau kena santet.

Kebotakan juga terjadi jika fungsi hormon tubuh terganggu. Itu terjadi jika kerja kelenjar pituitary otak, kelenjar gondok, atau kelenjar anak gondok, tidak normal. Gangguan hormon kencing manis juga bisa bikin lelaki jadi Mr. Kojak.

Gejala sifilis pun bisa botak juga. Begitu juga jika kekurangan zat besi, seng, kromium, kalsium, magnesium, kelainan enzim bawaan, atau keracunan tembaga. Botak di dahi juga bagian dari gejala penyakit turunan myotonic dystrophy.

Kebotakan berbeda dengan pitak (alopecia areata) atau botak lokal berbentuk lingkaran. Pitak terjadi akibat penyakit kulit kepala, luka parut, atau luka bakar, koreng, penyakit lupus, jamur kulit, atau pernah infeksi di sana.

Selain akibat obat, seperti obat kanker, thallium, atau overdosis vitamin A, kebotakan sering terjadi sehabis sakit panas. Kebotakan juga bisa muncul setelah lama minum obat jantung, kolesterol, atau rematik. Kebotakan toxic alopecia paling sering sehabis tipus (typhoid abdominalis) atau kena scarlet fever.

Tandur rambut

Kebotakan diobati sesuai penyebabnya. Tidak semua kebotakan sama obat dan cara penyembuhannya. Kasus kebotakan toxic alopecia biasanya pulih sendiri.
Kebotakan sebab penyakit atau gangguan hormon mereda setelah penyakit dan gangguan hormonnya diatasi. Kebotakan turunan susah obatnya.

Untuk mencari penyebab kebotakan, beberapa pemeriksaan hormonal, darah, dan akan rambut perlu dilakukan. Dengan mengatasi penyebab kebotakannya, ancaman kebotakan menyeluruh bisa dicegah.

Kasus kebotakan akibat hobi mencabuti rambut (trichotillomania), perlu terapi jiwa. Jika ada penyakit kulit kepala segera disembuhkan, kurang gizi diatasi, kekurangan mineral perlu suplemen, dan kelebihan vitamin A harus dihentikan.

Selama akan rambut masih hidup, rambut masih mungkin tumbuh lagi. Jika penyakit kulit menghancurkan akar rambut (seperti pada luka bakar dalam, trauma kulit kepala), kebotakan biasanya menetap. Untuk itu perlu tandur rambut. Dengan menanam kembali akan rambut di bagian yang botak, rambut diharapkan tumbuh.

Obat rambut sendiri bermacam-macam. Kebanyakan tergolong merangsang pertumbuhan dan memberi makan rambut, dan bukan untuk menghidupkan akar rambut yang sudah mati. Obat penumbuh rambut golongan minoxidil ditemukan secara kebetulan. Obat ini sebetulnya untuk darah tinggi. Namun, oleh karena efek sampingnya tanpa sengaja kedapatan bisa menumbuhkan rambut, kemudian diindikasikan sebagai tonik rambut dengan cara mengoleskan larutan obatnya.

Jika kepala anda botak karena rambut gugur, anda dapat mencoba cara berikut :

> Keramas setiap hari dengan menggunakan INTENSE shampo, pijat kulit kepala anda selama 10 menit.

> setelah keramas, gunakan hair tonic INTENSE pada kulit kepala, pijat lagi 10 menit.

> gunakan tanaman lidah buaya yang di ambil dagingnya sebagai creambath, pijat selama 15 menit dan diamkan 30menit.

> lakukan creambath sekali seminggu.

> konsumsi suplement hair, skin and nail formula dari wellness product, yang dapat di beli di century, guardian atau watsons.

Lakukan cara diatas dengan rajin dan telaten, semoga rambut anda dapat tumbuh normal,,,

~ oleh sakitsebabdanobatnya pada 23 Mei 2009.

7 Tanggapan to “BOTAK”

  1. Bisa memesan gak mas ???

  2. kalau botak karna luka obat nya g maana

  3. iy neh aku juga,yg genaknya dledek truz pdahal aku msh muda,T.T

  4. intese belinya dimana ya?

  5. Knpa ya rmbut sya sring ptus2,,,smpai2 hmpir botak atas,,,pdhal udh brbgai mcam obat sya gnakan,,ttapi ttap aja ga tmbuh2,,!tlong bri solusi nya

  6. Wah.. Kalau kebotakan dari faktor turunan, apa gak ada cara lagi untuk menumbuhkannya?

  7. saya dah pake intense ma hair tonic,,,slma kurang lebih 6 bulan lbh. koq malah makin gundul.. yang ad malah berhenti pemakaian, karna sama ajh,frustasi juga sh, pengen lanjutkan pemakaian atau tidak,,,
    solusinya aph ya??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: