OBESITAS

Makanan diperlukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh, namun akan menjadi masalah jika konsumsi tersebut berlebih. Konsumsi berlebihan akan mengakibatkan penimbunan lemak dalam tubuh. Karena kelebihan kalori dalam konsumsi akan diubah menjadi lemak.

SEBAB
a.Gen : kecenderungan untuk mengalami obesitas dalam keluarga.
b.Emosi : kelebihan makan karena pengaruh emosi.
c.Lingkungan : gaya hidup yang dipengaruhi oleh lingkungan.
d.Jenis kelamin : wanita cenderung lebih mudah mengalami obesitas.
e.Usia : usia yang lanjut memudahkan penimbunan lemak.
f.Kehamilan : pada umumnya pada saat hamil berat badan ibu akan meningkat.

TANDA – TANDA
Makanan diperlukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh, namun akan menjadi masalah jika konsumsi tersebut berlebih. Konsumsi berlebihan akan mengakibatkan penimbunan lemak dalam tubuh. Karena kelebihan kalori dalam konsumsi akan diubah menjadi lemak. Sel lemak akan membesar karena terjadi penimbunan, selain membesar jumlah sel lemak juga akan bertambah. Penimbunan ini akan menyebabkan peningkatan berat badan dan jika hal ini berlanjut maka manusia tersebut akan mengalami obesitas. Penimbunan lemak pada pinggang memiliki resiko lebih besar dibanding pada tungkai atau bokong.

Diagnose :
Obesitas berarti akumulasi kelebihan lemak dalam tubuh. Obesitas dianggap sebagai penyakit yang menahun seperti diabetes dan tekanan darah tinggi. Penyakit ini memiliki banyak konsekuensi buruk pada manusia. Obesitas diukur dengan ukuran Indeks Masa Tubuh. Seorang disebut mengalami obesitas jika nilai IMT diatas 30. (hitung skor anda dengan kalkulator indeks masa tubuh).

PERAWATAN
Menurunkan konsumsi makanan.
Berolah raga secara teratur.
Konsultasi pada dokter untuk merencanakan kebutuhan kalori Anda.

~ oleh sakitsebabdanobatnya pada 24 Mei 2009.

Tinggalkan komentar