Mengapa Kita Bisa Mengantuk?

Dalam tubuh kita ada proses kimia dimana glukosa yang didapat dari makanan diubah menjadi energi mekanik yang membuat otot kita bekerja dan menjadi sumber tenaga kita. Energi ini disebut ATP (adenosin tri fosfat), yaitu gugus adenosin yang mengikat tiga gugus fosfat. Ketika satu gugus fosfat lepas dari ATP akan dilepas energi sebesar 30 kJ, yang dapat digunakan antara lain untuk menggerakkan otot kita.

Tubuh kita punya dua cara untuk mengambil energi dari glukosa, keduanya disebut dengan respirasi: yang 1 adalah aerobik (memerlukan udara) dan yang kedua anaerobik (tanpa udara).
Proses aerobik disebut juga siklus Krebs (masih inget dong ya. Kan ada waktu SMU ;)) melepas energi 3.000 kJ, sedang yang proses kedua mengubah glukosa menjadi asam laktat dan melepas energi 150 kJ.

Kalo badan kita normal, tubuh kita bergantung pada proses aerob.
Tapi, saat tubuh kita kelelahan, kadar oksigen dalam aliran darah tidak akan cukup untuk menghasilkan energi melalui proses aerob. Karena itu, proses anerob lah yang terjadi.

Proses anaerob ini terjadi di otot dan akibatnya si asam laktat pun terkumpul di otot dan menimbulkan rasa lelah. Nah…kumpulan asam laktat ini dan kondisi yang anaerob (kurang oksigen) membuat tubuh mengirim sinyal lelah ke otak dan otak pun balik memerintahkan tubuh untuk istirahat. Cara tercepat ya biasanya dengan tidur.

~ oleh sakitsebabdanobatnya pada 23 Juni 2009.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: